Efek Blog

Selasa, 09 September 2014

soal wajib lct ekonomi..



KELOMPOK A                    
SOAL WAJIB
1.      Seorang biarawan Italia yang hiup di abad ke 15 dan disebut sebagai bapak akuntansi adalah …. (Lucas Paciolo)

2.       Setiap perusahaan di Indonesia setiap akhir tahun pajak wajib menyusun laporan keuangan, terutaama …. (neraca dan perhitungan L/R)

3.       Sekutu dalam CV yang tanggung jawabnya terbatas adalah disebut …. (anggota pasif atau komanditer)

4.      Dalam laporan keuangan terutama neraca, harta disusun berdasarkan …. (likuiditasnya)

5.       Transaksi penjualan jasa secara tunai, dalam persamaan akuntansi akan dicatat dalam kolom …. (harta ; kas bertambah dan modal ; modal bertambah)

6.       Apabila salah satu harta bertambah, maka  akan mengakibatkan perubah an …. (harta yang lain berkurang atau utang bertambah atau modal bertambah)


 



KELOMPOK B
SOAL WAJIB
1.      Ciri mendasar system akuntansi yang dikemukakan oleh bapak akuntansi adalah …. (berpasangan)

2.       Prinsip Akuntansi Indonesia disusun oleh …. (IAI)

3.      Perusahaan yang dimiliki oleh dua orang dan anggotanya memiliki tanggung jawab yang tidak terbatas terhadap kewajiban perusahaan, disebut ….. (firma)

4.      Dalam akuntansi peristiwa ekonomi dibedakan anatara kejadian (event) dan transaksi. Kejadian (event) artinya .... (peristiwa ekonomi yang hanya menyangkut satu pihak)

5.      Nota atas pembelian perlengkapan bengkel akan dicatat dalam persamaan akuntansi pada kolom .... (harta ; kas berkurang dan harta ; perlengkapan bengkel bertambah)

6.      Keputusan atau perintah pimpinan untuk penyusutan aktiva tetap dibuatkan bukti pencatatan berupa .... (memo)



 .
KELOMPOK C
SOAL WAJIB
1. Sistem akuntansi yang dikemukakan oleh bapak akuntansi yang kemudian oleh para pedagang dibawa ke daratan Amerika berkembang menjadi system …. (anglo saxon)

2.      Setiap perusahaan di Indonesia wajib menyelenggaakan pembukuan, sekurang-kurangnya .... (kas/bank, daftar utang piutang dan persediaan barang)

3.       Kekuasaan tertinggi suatu PT atau NV adalah .... (RUPS)

4.       Peristiwa ekonomi dalam akuntansi artinya .... (semua peristiwa yang mengakibatkan perubahan susunan harta, utang dan modal perusahaan)

5.       Bukti kas keluar menerangkan pembayaran atas sejumlah utang kepada kreditor, akan dicatat dalam pesamaan akuntansi kolom .... (harta ; kas berkurang dan kolom Utang ; utang berkurang)

6.      Dalam akuntansi terdapat suatu dokumen yang merupakan kumpulan dari akun-akun yang disebut .... (bk besar)


KELOMPOK D
SOAL WAJIB
1.      Yang dimaksud pihak intern perusahaan adalah .... (manajer/pimpinan perusahaan)

2.       Menyusun dan menyajikan laporan keuangan peusahaan sesuai SAK bertujuan .... (menyediakan informasi secara wajar posisi keuangan, kinerja perusahaan dan perubahan posisi keuangan)

3.      CV, PT, Perusahaan perorangan dll ini pengelompkan perusahaan berdasarkan .... (badan hukumnya)

4.      Semua pengorbanan yang dapat diukur dengan uang untuk memperoleh suatu harta (aktiva) disebut .... (harga perolehan)

5.      Karyawan telah menyelesaikan sejumlah tugas pekerjaan dan perusahaan belum melakukan pembayaran sebagai imbalannya. Hal ini akan dicatat dalam persamaan akuntansi kolom.... (Utang ; utang bertambah dan Modal ; modal berkurang)

6.      Catata dalam jurnal harus diposting ke buku besar, Ini merupakan fungsi .... (instruksi)

7.       Jika diketahui kas 2 juta, piutang 500 ribu, utang 300 ribu dan modal 3 juta, maka besarnya perlengkapan .... (800 ribu)

8.      Yang dimaksud buku asli (original book) adalah .... (bk jurnal)

9.      Dibayar faktur atas pembelian peralatan bulan yang lalu sebesar 3 juta. Dijurnal.... (utang debit 3 juta dan kas kredit 3 juta)


10.  Akun yang memerlukan jurnal pembalik adalah .... (akun nominal yang menimbulkan akun riil baru)

7. Modal awal 15 juta, modal akhir 19,5 juta, prive 500 ribu dan pendapatan 8 juta, maka besarnya beban .... (3 juta)

8. Suatu catatan atau daftar yang memuat harta, utang dan modal pada saat tertentu disebut .... (neraca)

9. Dikirimkan faktur atas pekerjaan jasa yang telah selesai sebesar 5 juta. Dijurnal .... (piutang usaha debit 5 juta dan pendapatan jasa kredit 5 juta)

10. Kertas kerja dalam proses akuntansi berfungsi .... (sebagai alat bantu mempermudah penyusunan laporan keuangan) 



7. Beban sewa 500 ribu, pendapatan jasa 4 juta, beban listrik 300 ribu dan beban gaji 1,5 juta. Jika sisa laba 1 juta 450 ribu, maka besarnya beban bunga .... (250 ribu)

8. Pemindah bukuan dari jurnal ke buku besar disebut .... (posting)

9. Diterima pembayaran faktur no. 4 atas pekerjaan reparasi minggu yang lalu sebesar 750 ribu. Dijurnal .... (kas debit 750 ribu, piutang usaha 750 ribu)

10. Akun yang memerlukan jurnal penutup adalah kelompok akun .... (akun nominal / beban, pendapatan, ikhtisar L/R dan prive)
7. Modal akhir 2 juta 700 ribu, prive 100 ribu dan sisa laba 800 ribu, maka besarnya modal awal .... (2 juta)

8. Beban gaji, kas, beban sewa, perlengkapan, pendapatan jasa, utang aji. Akun-akun tersebut yang bersaldo noram kredit adaalah .... (pendapatan jasa dan utang gaji)

9.      Pemilik menambah investasi berupa uang tunai 10 juta, peralatan 2 juta 500 ribu. Dijurnal .... (kas debit 10 juta, peralatan debit 2 juta 500 ribu dan modal kredit 12 juta 500 ribu)

10.  Neraca saldo setelah penutupan adalah ....(neraca saldo yang berisi saldo akun-akun setelah akun buku besar ditutup) 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar